Saturday, April 24, 2010

Presentasi ku di MACO tentang Facebook Application

Aku habis presentasi tentang facebook application di MACO, komunitas sharing knowledge di kantor ku, tiap jumat jm 7.15 wita. Itu juga karena udah terlanjur meng-iya-kan untuk gantian mengisi maco jadi pembicara sekali-sekali, dan jatah ku jumat tadi malam.

Kalo bwat aku sendiri sih yang namanya facebook application itu ya application yang ada di dalam facebook. Misalnya aja http://apps.facebook.com/bayulearnstorock/ . Ya sekedar membedakannya dengan aplikasi yang menggunakan facebook connect lah (misal: http://www.formspring.me/bayukw). Tapi sekali lagi ini anggapan aku aja.

Karena aku membatasi scope permasalahan di facebook application jadi ya aku ga membahas tentang facebook connect, meskipun sebenarnya bisa saja teknik yang aku presentasikan dipakai untuk membangun aplikasi facebook connect. Karena jika kita membuat facebook application dengan memanfaatkan iFrame, situs tersebut bisa diakses langsung melalui callback URL nya (tidak harus dari dalam / melalui apps.facebook.com). Meski cuma sebentar tapi lumayanlah, bisa meng-cover 4 API utama Facebook yaitu FBML, FBJS (plus DOM, Dialog, n Animation), REST API (server side n client side), dan tak ketinggalan FQL. Sempet juga nunjukin sebentar tentang Graph API and Social Plugin yang belom lama dirilis, cuma ga berani ngomong banyak, coz aku juga belom explore ke situ.

Udah lama gak sharing pengetahuan gini semenjak lulus dari UKDW. Ternyata emang rasanya ga pernah berubah, rasa itu adalah rasa yg sangat menyenangkan, karena kita bisa memberikan kontribusi bagi orang lain. Sepertinya saya emang suka ngajar... :p

(*jiwa asisten di Lab Kampus yang terkubur bangkit kembali)

2 comments:

  1. mengabdi buat orang banyak tuh seru juga yah,
    oh iya bwt presentasinya tuh membahas apanya dari fb?

    ReplyDelete
  2. iya gan... :D
    rasanya senang kalo habis berbagi ilmu...

    engga membahas FB sama sekali...
    paling cuma nyenggol di permission aja...

    lebih ke bagaimana cara develop aplikasi FB (kayak mafiaWar dll) dengan memanfaatkan API yang disediakan FB aja. Tapi engga sampai bikin aplikasi beneran. Cuma tarik2 data FB ke aplikasi kita aja... :)

    ReplyDelete