Friday, January 22, 2010

20 tahun


20 tahun artinya "kepala dua". Banyak yang udah aku lalui selama 20 tahun ini. Dengan asumsi bahwa manusia berumur 60 tahun, maka kita yang sudah berumur 20 tahun kira-kira sudah menjalani kira-kira 1/3 dari siklus hidup kita. sisanya tinggal 1/3 untuk berkerja keras, dan 1/3 lagi untuk masa tua. Sedih memang tapi itulah siklus manusia. Siklus ini emang enggak pasti applicable untuk semua orang, tergantung dari lifestyle mereka masing-masing. Contohnya siklus hidup anak petani pasti beda dengan siklus hidup anak pejabat tinggi, dinilai dari aktivitas dan perjuangan yang mungkin mereka lalui.

Jujur, 20 tahun gak kerasa. Kenapa? sebagian orang gak ingat masa-masa dia balita, sehingga 20 tahun cuma kerasa 15 tahun aja atau kurang. bersyukur aku sempet teringat masa balita gwa meskipun cuma sedikit. Tiap ingat masa2 itu aku jadi makin sayang ma ortu, coz mereka sayang banget ma aku waktu kecil. entah kenapa kadang-kadang kalo makin tua kita suka lupa sama jasa mereka, termasuk aku sendiri (kadang2 gak nurut ma ortu).

apa yang gwa dapet 20 tahun ini? serasanya gak maksimal deh. Banyak anak2 hebat diluaran sana yang baru umur belasan, dah ada yang menyabet piala olimpiade fisika yang bisa dibanggain orang tua, atau udah jadi musisi atau artis terkenal yang dah bisa cari duit sendiri. Dibandingin aku yang cuman begini sih lewat aku. Tapi aku masih tetep bersyukur untuk apa yang udah aku dapet. Kuliah alhamdulillah lancar, IPK bagus, yah, kerja keras belajar kebayarlah pokoknya. nasib aku masih lebih bagus dari pada mereka-mereka yang putus sekolah. Mungkin selama 20 ahun itu mereka gak dapet banyak hal.

planning ke depan? temen aku ada yang bilang bakal nikah umur duapuluhan kecil / nikah muda istilahnya. Aku langsung jadi inget. Hari gini aja aku masih sendirian, nikah duapuluhan kecil kayaknya lewat deh buat aku. Dulu waktu masa2 temen2 nyari pacar aku gak berani ambil, coz dengan kondisi waktu itu aku masih mikir kalo pun aku dapet pacar, apa yang bisa aku kasih ke dia. trus kalo nikah duapuluh tahun awal aku juga gak berani, khusus kalo belum mapan. Trus kapan kawin? kapan-kapan…
Makin puyeng juga kalo ngliat kedepan sambil ngliat diri sendiri yang sekarang.

Mungkin sekarang ini aku akan "go with the flow" aja lah. terserah kemana yang diatas ngebimbing aku. yang bisa dilakuin ya berikan yang terbaik ajalah. jangan sampai kepala-kepala berikutnya lebih buruk dari yang sekarang. Amin.

(dipindah dari blog yg lama, original Posted : August 28, 2007)

No comments:

Post a Comment