Friday, January 22, 2010

KaPe deh…..

Akhirnya aku tiba dipenghujung KaPe alias kerja Praktek. sudah saatnya menulis sedikit di blog tentang kape ku.

Awalnya aku mengira kalo kape di kampusku itu bisa magang, jadi mulai deh mencari lokasi yg kira2 bisa buat magang dan ternyata saat aku konsul sama dosen koorinator kape, dia bilang kape di TI kampus kita gak levelnya magang, jadi kita harus bener-bener menerapkan ilmu yg sudah didapat. Soalnya kalo cuma magang kadang kita cuma berakhir di suruh-suruh ini itu seperti ngetik, fotokopi, bikin laporan, dll. Jadi gak bener-bener menerapkan ilmu TI.

Karena aku fokus di 2 konsentrasi sekaligus, jaringan dan RPL (rekayasa perangkat lunak), aku punya 2 pilihan. Mau kape jaingan atau kape RPL. Kalo kape jaringan aku hanya perlu membangun/mengkonfigurasi installasi jaringan di suatu tempat, dan kalo kape RPL aku hanya perlu membuat semacam sistem informasi.

Pilihan pertama sebenarnya aku dah pernah coba, waktu itu dosenku punya proyek jaringan di ISI. Aku dah ikut bantu2 selama beberapa minggu. tapi aku pilih mundur aja coz saat itu aku ternyata diterima untuk melaksanakan KKN di daerah wonosari km 14, dan jadi koordinator malahan. Its gonna be very busy for me…

Segera setelah KKN selesai aku cari tempat yg kira2 mau dibuatin Sistem Informasi. Sebenernya ada sih tempelan di kampus beberapa perusahaan yg butuh mahasiswa kape untuk bikin sistem informasi tapi entah mengapa yg terpikir di kepalaku kape di SMA ku sendiri aja.

AKu ke SMA ku sekitar akhir agustus dan langsung diterima untuk bikin Sistem informasi presensi. Tapi pas aku konsul sama koordinator kape, dia bilang sistem nya terlalu sederhana jadi harus dibikin lebih kompleks. Lalu akhirnya SI (sistem informasi) presensi tadi aku buat terintegrasi dengan pembobotan pelanggaran dan penghargaan siswa.

Selang beberapa minggu aku langsung bikin programnya sekitar bulan september gitu, padahal kape resmi di kampus jadwalnya baru oktober-november. Tapi karena SMA minta segera ya kupikir hajar sajalah dan ternyata langsung jadi kira2 70% nya sebelum puasa berakhir. Pas liburan lebaran aku sama sekali ga sentuh SI ku lagi, setelah liburan pun aku juga sibuk bikin proposal kolokium (sidang pengajuan judul Skripsi). Selama hampir 1,5 bulan aku ga ke SMA ku dan ga lanjutin SI ku itu. tapi aku dah bilang terus terang sama dosen pembimbingku masalah kolokium iu dan dia ga masalah. tp kalo ke pihak SMA 9 aku lupa kabari mereka..hehehe…

Segera setelah kolokium berakhir aku terusin bikin SI nya sampai selesai. dan ternyata ada hal yg terlupa yaitu bikin laporan kape yg isinya 5 bab. deadline dah tinggal 2 minggu dengan kondisi laporan 0% dan kartu bimbingan kape yang masih kosong.

setelah berguru sama temen kampus yg udah selesai laporan sampai bab4 (thanks to lia) aku nglembur laporan. hampir setiap hari aku konsul ke dosen pembimbing, yah itung2 penuh2in kartu konsultasi (minimal harus konsul 6 kali). Dan akhirnya di setujui sampai bab3.

Belum sempet bikin bab4-5 eh ternyata dosenku minta presentasi akhir kape duluan. Yah secara SI juga dah kelar aku sih ga masalah. Sebenernya presenasi itu baru boleh dilakukan setelah laporan selesai tapi dosenku yg baik hati itu bilang gak apa2 laporan bisa menyusul (hehehe…thanks bu lussy, youre so kind)

presentasi ke dosen kelar, dan karena keteledoran saya ada satu hal lagi yg terlupa yaitu presentasi SI ke pihak SMA 9. pas aku kesana ternyata wakasek (wakil kepala sekolah) yg nerima aku kape disana lagi pergi. Dan baru akan pulang januari karena beliau pergi haji. Aku langsung cari guru TI SMA 9 (smua hal teknis kape ku dia yg handle) dan untungnya bisa presentasi ke dia aja, ga harus ke wakasek. gak kebayang deh klo harus nunggu pulang haji, dah keburu bubar kape ku.

sekarang tinggal menyelesaikan apa yg aku mulai. yaitu laporan bab4-5 dan beberapa urusan birokrasi kape yag tertunda. Entah kenapa aku merasa so lucky dengan kondisi kape ku yang belepotan ini ternyata berjalan lancar. Thanks to Allah SWT, my family, my lecturers, and my teachers, oiya my friends juga…

(dipindah dari blog yg lama, original Posted : December 7, 2008)

No comments:

Post a Comment